SEKOLAH DIGITAL

Apa yang dimaksud dengan sekolah digital?

Sekarang ini banyak sekali sekolah-sekolah yang mengklaim diri sebagai sekolah digital, yang mereka maksud dengan penyediaan jaringan internet berkecepatan tinggi atau juga wireless/wifi ditempat mereka. Seakan-akan, dengan menyediakan perangkat wifi, sudah jaminan bahwa sekolah tersebut adalah sekolah digital. Kalau memang demikian halnya, apa bedanya sekolah-sekolah tersebut dengan cafe-cafe yang punya hotspot, atau taman-taman bermain/fasilitas umum yang sudah dilengkapi wifi?
Sebetulnya pengertian digital dalam hal ini digitalisasi sekolahan bukanlah sekedar menambah alat supaya murid atau pengunjung yang datang dapat berselancar ria di lingkungan sekolah. Juga bukan sekadar membuat website atau blog agar pengunjung bisa melihat visi-misi sekolah dan/atau mendaftarkan anak didik secara online. Ini semua hanyalah salah satu alat sosialisasi dari sekolah yang bersangkutan.
Inti dari digitalisasi administrasi sekolah sendiri, sehingga hasil akhirnya bisa disebut Sekolah Digital adalah proses migrasi data dari yang tadinya hanya dapat diakses secara tercetak dalam lingkup sempit yaitu data dan dokumen kertas, ke data digital yang berupa file-file yang dapat diakses baik oleh publik maupun secara terbatas. Ada peran penting supaya sekolah biasa menjadi sekolah digital, yaitu proses migrasi tadi, dengan kata lain pekerjaan mengganti dokumen kertas menjadi dokumen digital. Jika diterjemahkan secara rinci berarti:
Dokumen cetak > Scan Dokumen > Penyimpanan > Publikasi
Adapun bagian-bagian dokumentasi sekolah yang bisa didigitalisasi adalah sbb:
Nah, begitu banyak fungsi yang dapat didigitalisasi hanya dari satu sekolah saja. Bahkan dengan koordinasi yang baik, beberapa sekolah dapat bergabung menjadi 1 administrasi digital yang terhubung secara online dan dapat diakses oleh publik secara online pula.
Intinya, sekolah online pun tetap harus melakukan digitalisasi data-datanya agar bisa diakses publik. Jadi dapat dikatakan, bahwa migrasi data ke digital adalah gerbang menuju online-nisasi (bahasa apa lagi sih nih?).Untuk memulai sekolah online memanfaatkan kemampuan solusi dokumen dari Sharp, yang perlu dilakukan sbb:
1. Dokumen history yang akan discan: misal data administrasi seperti rekap identitas siswa, rekap data nilai, rekap data pembayaran spp dll. Data-data ini discan hanya sebagai back up saja, karena tidak mungkin bisa dientry oleh mesin secara otomatis langsung ke Database misalnya. Jika berniat untuk memasukan data history ke database, bisa dilakukan dengan misalnya form pendaftaran ulang pada nomor 2.

2. Form-form pengisian data untuk Automatisasi Entry. Dari pengisian form-form ini, kedepannya, tidak perlu dilakukan entry secara manual (ketik di keyboard), tetapi mesin Sharp akan langsung membaca form dan memasukan langsung ke system. Untuk data history, bisa dibuat form pendaftaran ulang. Dengan penyediaan form, maka semua data bisa diisi secara serentak oleh masing-masing murid atau oleh orang tua murid yang mengisi form, sehingga tidak diperlukan lagi tenaga untuk entry data ke komputer.

Dari contoh form diatas untuk pengisian data calon murid misalnya, petugas Tata Usaha tinggal mengumpulkan dan menyortir form yang terisi dengan lengkap dan benar, masukan form-form tersebut sekaligus (maksimum 50-100 lembar sekali scan via feeder tergantung jenis mesin), dan kemudian, pekerjaan sisanya akan diselesaikan oleh Sharp.
(pengisian diatas menggunakan metode pencil block/buble atau cross/silang).

3. Menyediakan peralatan komputer (sekolah masa sekarang di perkotaan pastinya sudah punya barang ini).
Adapun alur prosesnya adalah sbb:

Tentunya, hasil dari pembacaan form tersebut akan menjadi input bagi proses-proses lain semisal:
a. data langsung masuk ke sistem database sekolah
b. data langsung discoring (misalnya untuk ulangan harian, dimana hasil scan langsung dianalisa oleh mesin secara otomatis, dan langsung diberi score).
c. data langsung direkap dan dipublish.
Begitulah proses dari penawaran solusi dokumen standar dari Sharp. Untuk solusi dokumen tingkat lanjut, akan dibahas pada kesempatan berikut.

Jika anda atau sekolah anda tertarik untuk melaksanakan digitalisasi di sekolah anda, silakan kirim komentar atau pertanyaan ke ASANIRWANA@GMAIL.COM.  Kami akan senang hati membahas dan memberi bantuan sesuai kemampuan untuk menjadikan sekolah anda sebagai Sekolah Digital. Kami didukung oleh cabang dan dealer yang tersebar di seluruh Indonesia untuk menjamin tersedianya layanan purna jual yang memuaskan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: