Analisa Cost-Benefit Sekolah Digital (Bagian 2)

Analisa Cost-Benefit Sekolah Digital (Bagian 2)

2. ULANGAN HARIAN

Ujian Akhir Nasional atau disingkat UAN adalah salah satu indikator/faktor bagi para calon orang tua murid dalam menentukan baik-tidaknya mutu sekolah tujuan yang akan dipercaya untuk mendidik anaknya. Besarnya persentasi jumlah murid yang lulus UAN dipandang sebagai syarat bahwa sekolah tersebut telah berhasil membina anak didiknya dengan baik.
Sayangnya, dibanyak kasus, banyak sekali anak didik yang tidak lulus UAN atau mendapatkan nilai buruk bukan karena kecerdasannya, melainkan karena banyaknya faktor/kesalahan teknis yang dilakukan sehingga lembar jawaban komputer/LJK yang diisi oleh si anak didik tidak dapat dinilai semestinya.
Beberapa kesalahan teknis yang sering kali menggagalkan anak didik dalam UAN:
     1. Lamanya waktu pengisian sehingga jumlah jawaban yang dapat diselesaikan berkurang
     2. Pengisian bulatan jawaban tidak penuh
     3. Pengisian bulatan jawaban kurang jelas
     4. Alat tulis yang digunakan tidak sesuai untuk ujian secara cepat dan tepat
     5. Metode menjawab soal yang menyebabkan waktu terbuang percuma
Hal-hal tersebut terjadi karena kurangnya latihan cara menjawab soal seperti pada UAN yang diterapkan pada anak didik, sehingga anak menjadi tidak terbiasa, tidak punya strategi/metode khusus dalam menjawab soal dan gugup/grogi untuk bekerja ekstra cepat karena banyaknya tekanan yang diterima ketika ujian berlangsung.
Untuk mengurangi potensi kesalahan teknis dalam pelaksanaan UAN, yang berimbas pada naiknya jumlah kelulusan siswa yang mengikuti UAN, maka latihan secara terus-menerus perlu diterapkan pada anak didik. Dan metode pelatihan paling tepat tanpa membuang waktu dan tenaga adalah, dengan menerapkan metode soal UAN pada Ulangan Harian. Dengan melaksanakan Ulangan Harian yang metodenya sama persis dengan UAN, maka siswa akan menjadi terbiasa dan tidak perlu mengalami masalah canggung atau grogi serta mengurangi tekanan ketika UAN nanti.
Dengan Sharp Document Solution, melaksanakan Ulangan Harian serupa UAN menjadi hal yang sangat mudah dan menyenangkan. Untuk memahami prosesnya, perhatikan ilustrasi berikut ini:
Pada alur proses, MFP Sharp akan mencetak formulir Lembar Jawaban Komputer/LJK sesuai jumlah murid yang akan mengikuti ulangan umum. Hasil ulangan, langsung discan dan diberikan scoring/nilai oleh MFP Sharp. Hasil keluar sebagai laporan-laporan dan langsung masuk database siswa.
Untuk ulangan harian, perkiraan keuntungan dihitung sebagai berikut:
Pendapatan
          Jumlah mata pelajaran = 12
          Jumlah Ulangan per Mata Pelajaran per bulan = 1
          Jumlah siswa = 480 orang (40 murid/kelas, kelas 1 – 6 masing-masing 2 kelas A dan B)
          Jumlah lembar dicetak/bulan = 480 x 12 = 5760 lembar
          Harga LJK perlembar = Rp. 1000,-
          Pendapatan = 5.760.000,-/bulan
Biaya Cetak
          Cost cetak/lembar = Rp. 100,-
          Harga kertas/lembar = 40
          Total Cost = Rp. 5.760,- x (100 + 40) = Rp. 806.400,-/bulan
Profit
          Rp. 5.760.000 – Rp. 806.400,- = Rp. 4.953.600,-/bulan (belum termasuk ongkos gaji pegawai dan biaya listrik).
Dari keuntungan per bulan ini, maka setiap tahun didapat Rp. 59.443.200,- hanya dari Ulangan Harian saja (belum keuntungan dari pendaftaran murid baru dan pendaftaran ulang murid lama, perpustakaan digital serta administrasi sekolah, lihat di Analisa Cost-Benefit Sekolah Digital Bagian 3).
Dengan perhitungan ini, investasi Mesin dan Document Solution Sharp, akan impas hanya dalam waktu tidak sampai 1 tahun saja.
Jika anda atau sekolah anda tertarik untuk melaksanakan digitalisasi di sekolah anda, silakan kirim komentar atau pertanyaan ke asanirwana@gmail.com.  Kami akan senang hati membahas dan memberi bantuan sesuai kemampuan untuk menjadikan sekolah anda sebagai Sekolah Digital. Kami didukung oleh cabang dan dealer yang tersebar di seluruh Indonesia untuk menjamin tersedianya layanan purna jual yang memuaskan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: