PRODUK

Digitalisasikan Duniamu!

Perkembangan teknologi yang sangat pesat disadari telah melahirkan sejumlah hal-hal baru yang semakin memperpendek jarak komunikasi dan meringankan biaya distribusi informasi. Mulai dari munculnya pernak-pernik (gadget) yang semakin kecil tapi multifungsi, sampai terbentuknya komunitas-komunitas pemakai teknologi tersebut. Melihat kenyataan seperti itu, tidak salah bila kini banyak orang ingin terlibat atau setidaknya terlihat telah mengikuti arus, dengan menjadi bagian dari kemajuan teknologi itu.
Daripada sekedar mengikuti arus, ada baiknya kita langsung action. Bagaimana caranya, it simple guys, mari digitalisasikan duniamu. Apa aja yang harus didigitalkan? banyak, diantaranya dokumen, arsip, data, bahkan majalah, resep makanan hingga musik, baik lirik saja maupun secara utuh. Lalu apa untungnya jika semua sudah dirubah ke digital?
Menghemat ruang penyimpanan, anda tidak perlu lagi menyediakan lemari penyimpanan untuk semua dokumen atau arsip tersebut.
Mengefektifkan ruangan, tentu saja, ruangan jadi tidak sesak lagi dengan lemari buku, bufet/rak penyimpan cd musik dan lain-lain. Penggunaan filling cabinet lebih efektif, karena gak banyak lagi kertas-kertas dokumen yang harus disimpan.
Memudahkan pencarian data, wah ini baru penting, bayangkan kerepotan kita waktu mencari berkas-berkas penting apalagi jika dokumen disimpan tanpa penataan. Dengan digital, pekerjaan ini menjadi “one click action”
Meningkatkan kepuasan bagi pemilik dokumen maupun orang lain. Misal di kantor, ketika ada pelanggan minta revisi data/accountnya, kita dapat cepat meraih dan menyampaikan pada pelanggan tanpa menghabiskan waktu. Pelanggan senang karena responnya sangat cepat.
Keamanan & Kerahasiaan data yang lebih terjamin. Ya, karena tersimpan dalam bentuk digital, jadi mudah disimpan dan diberikan keamanan tambahan baik berupa enkripsi, pin atau password. Juga mudah dibuat backup-nya, sangat membantu ketika data harus direcovery karena adanya bencana, kebakaran, pencurian dan lain-lain.

Pada kesempatan berikut, kita akan menggali lebih dalam lagi mengenai dunia digital. Langkah-langkahnya, aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari dan lain-lain.

Memulai Digitalisasi…

Sekarang, kita memulai langkah-langkah kecil untuk melakukan digitalisasi. Yang perlu dipersiapkan adalah:

1. Jenis dokumen. Putuskan dokumen atau data apa saja yang mau didigitalisasikan, ingat, makin banyak dokumen yang mau dikonversi, makin besar pula ruang penyimpanan data yang dibutuhkan. Tentu, bukan ukuran dimensinya, tapi besarnya kapasitas penyimpan magnetik atau optik. Makin besar, makin mahal pula, dan makin banyak dana yang harus dikeluarkan.

2. Jadwal pekerjaan. Buat urut-urutan pekerjaan, misalnya mulai dari data/dokumen yang sudah sangat lama (yang sudah mulai rusak untuk langkah penyelamatan) hingga data terbaru. Atau dari yang paling kecil datanya, sehingga makin banyak pula jumlah dokumen yang bisa disimpan. Atau urutan lain sesuai selera masing-masing.

3. Tempat penyimpanan. Pilih media penyimpan, apakah disimpan dalam sarana tetap seperti hard disk komputer/server penyimpan, atau portable hard disk dan sebagainya. Untuk organisasi yang besar, tentusaja membutuhkan server khusus yang kapasitasnya hingga terrabyte.

4. Cadangan/Backup. Jangan lupa, siapkan cadangan untuk recovery kalau penyimpanan utama rusak. Bisa berbentuk CD atau bentuk lain yang bisa disimpan di suatu tempat dalam jangka waktu yang sangat lama. Tentukan, kapan saja data atau dokumen akan dibuat cadangan atau backupnya. apakah setiap 2 hari sekali, atau setiap minggu. Ingat proses pencadangan juga membutuhkan waktu, jadi jangan terlalu seringlah. Ntar kerjaan yang lain terganggu.

5. Otorisasi. Tentukan juga, siapa saja yang bisa membuka data atau dokumen yang sudah dikonversi. Tentukan batas-batas otorisasi; hanya membuka/membaca, merubah atau sampai dengan menghapus data.

6. Peralatan. Pilih peralatan untuk merubah dokumen anda, menjadi dokumen digital. Banyak sekali peralatan yang tersedia di pasaran, namun yang paling simple, cepat dan memiliki banyak kemudahan (user friendly), mungkin bisa anda coba disini.

7. Mulai digitalisasi dengan contoh langkah-langkah disini.
Digitalisasi Sekolah
Digitalisasi Perkantoran
Digitalisasi Perpustakaan
Digitalisasi Pribadi

Daftar Mesin Photocopy Sharp

FC Hitam/Putih
Speed 15 – 30 ppm:

AR-203E
AR-5516
AR-206 (Scan warna)
AR-161
AR-5625 (diskontinyu)
MX-M160D (Scan warna)
MX-M200D (Scan warna)
AR-5726
MX-M283N (Scan warna)

Speed 31 – 50 ppm: AR-5631
AR-5731
AR-350U
MX-M363N (Scan warna)
AR-420U (2 laser scan)
AR-450U/N (Scan warna)
MX-M453U/N (2 laser scan warna)
MX-M503N (2 laser scan warna)

Speed > 51 ppm:     AR-620U
MX-M1100N (2 laser scan warna)

FC Warna
Speed 20-30 ppm:  MX-2300G
MX-2301N
MX-2600N
MX-2700G

Speed 30-75 ppm:  MX-3100N
MX-6200N

Speed > 75 ppm:     MX-1100N

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: